Minggu, 22 Januari 2012

Tips-Tips Belajar di Perguruan Tinggi


Apakah teman-teman mengalami kesulitan belajar di Perguruan Tinggi??? Monkey Emoticons
Jujur, menurutku proses belajar di Perguruan Tinggi sungguh sangat amat jauh berbeda dengan di SMA. Hehehe #lebay
Mungkin para mahasiswa baru akan cukup kaget dengan perbedaan ini. Aku sendiri sudah merasakannya setelah satu semester kuliah.
Naaahh… dengan berbagai pengamatan dan pengalaman, akhirnya aku buat postingan ini.
OK tak usah berlama-lama. Monkey Emoticons Langsung saja, cekidot!


1. Baca Buku Referensi
Belajar di Perguruan Tinggi jangan hanya mengandalkan penjelasan dosen. Dosen biasanya hanya menjelaskan inti pembahasan dan tidak mendalam. Hal ini tentu berbeda dengan guru yang menjelaskan materi sampai ke detailnya.
Biarpun buku referensi sangat tebal dan terasa berat untuk membacanya Monkey Icons paksakanlah. Lama-lama juga akan terbiasa.

2. Belajar Teratur
Sistem belajar di Perguruan Tinggi tentunya lebih cepat dibanding dengan di SMA. Oleh karenanya kita dituntut untuk belajar teratur agar tidak tertinggal.
Di Perguruan Tinggi kita tidak dapat belajar seenaknya seperti saat SMA. Mungkin dulu kita belajar hanya saat mau ulangan/ ujian saja (SKS). Monkey Icon Namun jika sistem SKS ini masih dibawa hingga kuliah akan fatal akibatnya karena kita akan sangat terbebani.

3. Bertanya
Nah ini dia yang paling susah!
Kadang kita tidak mengerti pejelasan dosen dan malas untuk bertanya. Aku sendiri juga begitu. Kebiasaan ini harus dibuang jauh-jauh.
Apabila ada materi yang belum dimengerti, jangan dibiarkan begitu saja karena lama-lama akan menumpuk. Jika tidak berani bertanya ke dosen, coba tanyakanlah pada teman yang mengerti.
Ok??? Monkey Icons Yoyo

4. Belajar Bersama
Hal ini dapat menjadi salah satu alternatif yang baik dan cukup efektif. Dengan belajar bersama kita akan saling melengkapi. Materi yang tadinya kurang mengerti akan jadi mengerti. Kita juga dapat membahas soal bersama sehingga memperdalam pengetahuan tentang materi yang dibahas.
Monkey Icon Kamu harus coba!!!

5. Cari Informasi
Mahasiswa sudah seharusnya mandiri. Tidak seperti di SMA dulu, jadwal pelajaran, praktikum, ujian, dan lain-lain di beri tahu oleh guru.
Di Perguruan Tinggi kita harus mencari info sendiri. Sering-seringlah baca papan pengumuman/ bisa juga bertanya pada teman. Maka perbanyaklah teman. Jangan sampai tidak ikut ujian karena tidak tahu jadwalnya.
Hahaha Monkey Emoticon

Semoga bermanfaat. Terimakasih sudah membaca… ^^

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Berkomentar Ya ^^

 

Sense of Life Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template